a 19 - Kuno dari Daun Lontar

Kuno dari Daun Lontar

Al Quran raksasa di Museum Gusjigang, Kudus, Jateng (Dian Utoro Aji/detikTravel) FOKUS BERITA Muslim Traveler Kudus – Museum Gusjigang X-Building di Kudus simpan koleksi Al-Quran kuno berumur tiga era. Ada juga Al Quran memiliki ukuran raksasa serta mini, yang dibuat dari lontar.

Museum Gusjigang ada di Jalan Sunan Muria nomor 33, Kudus. Kecuali jadi etalase Kudus tempo dahulu, museum itu mempunyai galeri Al Quran.

Galeri Alquran di museum Gusjigang itu berisi satu Al Quran memiliki ukuran raksasa. Disamping itu, ada tujuh Al Quran yang terletak melingkari Alquran besar itu.

Ke-7 Al Quran itu ialah Al Quran kuno daun lontar, Al Quran bahan kulit sapi, Al Quran mini stambul Turki, Al Quran sampul pintu Ka’bah, Al Quran bahan kertas kuno, Al Quran kuno dari surau, serta Al Quran kuno dari pesantren.

“Di galeri Al-Quran itu ada beberapa Al-Quran baik macamnya, berbahan, atau ukurannya. Disana ada Al-Quran paling kecil serta paling besar, selanjutnya berbahan aslinya dari kulit sapi serta dari daun lontar,” tutur Manajer Pemasaran Mubarok Food Cipta Delicia, Muhammad Kirom, waktu didapati detikcom di Museum Jenang serta Gusjigang, Jumat (24/7/2020).

Disamping itu, salah satunya pengunjung, Rama (22) asal Kecamatan Dawe, Kudus menyengaja tiba ke Museum Gusjigang. Diakuinya baru ke-2 kali tiba di Museum ini. Ia akui meningkatkan pengetahuan sesudah mengenali ada koleksi Al-Quran kuno. “Ini baru ke-2. Dahulu keliling di Museum Jenang. Ini barusan lihat ada Al-Quran kuno,” kata Rama yang disebut mahasiswa di perguruan di Kudus.